Rektor INKHAS, Dr. H. A. Suganda, M.Ag saat memberikan sambutan.
Foto: js

Sukabumi, 1 Juli 2024 – Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut KH. Ahmad Sanusi (INKHAS) menjalani asesmen lapangan akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) selama dua hari, Senin dan Selasa, 1-2 Juli 2024, di Kampus INKHAS, Sukabumi. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) turut diakreditasi oleh dua asesor, yaitu Dr. Yuniarto Mudji Susatyo, M.Pd dari Universitas Negeri Medan dan Dr. Fatkuroji, M.Pd dari UIN Walisongo.

Rektor INKHAS Sukabumi, Dr. H. A. Suganda, M.Ag., dalam sambutannya, mengajak seluruh civitas akademika untuk menjadikan momen akreditasi ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki kualitas pengelolaan perguruan tinggi. “Semoga dengan akreditasi ini, kita dapat terus meningkatkan mutu akademik dan pelayanan kepada para mahasiswa, sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Dr. Suganda.

Asesor pertama, Dr. Yuniarto Mudji Susatyo, memberikan sambutan yang menenangkan dengan mengatakan bahwa visitasi asesmen lapangan (AL) seharusnya tidak perlu membuat tegang, melainkan harus dihadapi dengan rasa santai dan menyenangkan. “Visitasi AL itu jangan tegang, tapi harus having fun, karena hanya perlu menunjukkan data, mengklarifikasi data yang sudah dibuat dalam Laporan Evaluasi Diri (LED),” ungkap Dr. Yuniarto.

Asesmen lapangan ini bertujuan untuk menilai dan memastikan bahwa program studi yang ada di perguruan tinggi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan, baik dalam aspek akademik, manajemen, sumber daya manusia, fasilitas, maupun pelayanan kepada mahasiswa. Hasil akreditasi ini akan menjadi tolok ukur kualitas pendidikan yang diberikan oleh program studi dan akan berpengaruh pada reputasi institusi serta daya saing lulusannya di dunia kerja.

Institut KH. Ahmad Sanusi (INKHAS) adalah salah satu perguruan tinggi di Sukabumi yang berkomitmen untuk menyediakan pendidikan tinggi berkualitas dalam berbagai disiplin ilmu, terutama dalam bidang agama Islam dan pendidikan. INKHAS bertujuan untuk mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik tinggi tetapi juga memiliki integritas moral dan kepribadian yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Proses akreditasi ini sangat relevan bagi INKHAS karena akan membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada dalam program studi, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan yang lebih lanjut. Selain itu, akreditasi yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan calon mahasiswa terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh INKHAS. Dengan demikian, INKHAS diharapkan dapat terus berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di tingkat nasional maupun internasional.

Akreditasi MPI INKHAS
Asesor Lamdik saat memberikan sambutan

Ketua prodi MPI, Fenty Setiawati, S.Ag, MA. mengharapkan bahwa dengan asesmen lapangan akreditasi ini, Prodi MPI di INKHAS dapat meraih hasil akreditasi terbaik, yang akan menjadi dasar untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di masa mendatang “Semoga berjalan dengan baik, dengan hasil terbaik” pungkasnya.

By Admin

I'm Jasmansyah, a lecturer at Institute of KH. Ahmad Sanusi Sukabumi & Nusa Putra University