Ikatan Guru Indonesia Siap Menggelar Rakernas tahun 2024 di Lombok NTB, 10 – 12 Mei 2024

Mataram, NTB – 8 Mei 2024

Ikatan Guru Indonesia (IGI) telah siap menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Guru Indonesia tahun 2024 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan mengusung tema Harmonis, Bergerak, Berkelanjutan, Rakernas akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Mei 2024 di Same Hotel, Mataram, NTB.

Rakernas tersebut diharapkan menjadi momen penting bagi IGI dalam mengevaluasi kinerja organisasi serta merumuskan langkah-langkah strategis ke depan. Menurut Ketua Umum PP IGI, Danang Hidayatullah, tujuan utama Rakernas ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan sebelumnya, menyusun program kerja dan kebijakan organisasi ke depan, serta menjalin forum silaturahim antara pengurus Organisasi di tingkat Pusat dan Pengurus Wilayah (PW) se-Indonesia. Kegiatan Rakernas IGI tahun ini juga dirangkaikan dengan pelantikan antar waktu (PAW) Pengurus Pusat IGI masa bhakti 2021-2026. Selain dari pengurus Organisasi, sejumlah pejabat Pemerintah pusat, provinisi dan kabupaten/kota akan menghadiri acara pembukaan Rakernas.

“Kami berharap Rakernas tahun ini akan menjadi momentum penting bagi IGI dalam meningkatkan kinerja organisasi serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia,” ungkap Danang.

Rencananya, Rakernas akan dihadiri oleh pengurus pusat IGI, perwakilan dari Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Kehormatan PP IGI, serta perwakilan dari PW IGI di seluruh Indonesia. Di antara agenda utama Rakernas adalah menyepakati rekomendasi-rekomendasi dalam bidang pendidikan.

Ketua SC Rakernas IGI tahun 2024, Khaerina Lubis, melaporkan bahwa persiapan acara telah mencapai 80 persen. Sekitar 80 orang Pengurus Pusat dan Pengurus Wilayah dari seluruh Indonesia diharapkan hadir secara luring, sementara sisanya akan mengikuti Rakernas secara daring.

Ketua OC Rakernas IGI tahun 2024, Ari Ermawan, menambahkan bahwa Rakernas di Lombok NTB merupakan kelanjutan dari Rakernas sebelumnya yang dilaksanakan secara daring. “Kegiatan Rakernas di Lombok adalah lanjutan dari Rakernas Daring yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Waketum PP IGI Regional Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Dr. Jasmansyah, M.Pd saat dihubungi via telpon mengharapkan Rakernas tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta menghasilkan kesepakatan dan keputusan terbaik untuk Organisasi, guna mendukung program pemerintah dalam peningkatan kualitas guru di Indonesia. “Insya Allah Rakernas IGI tahun ini dapat menghasilkan keputusan terbaik untuk Organisasi dan Pendidikan di Indonesia” pungkasnya.

Dengan diselenggarakannya Rakernas di Lombok, NTB, IGI berharap dapat memperkuat peran dan kontribusinya dalam pembangunan pendidikan nasional.

By Admin

I'm Jasmansyah, a lecturer at Institute of KH. Ahmad Sanusi Sukabumi & Nusa Putra University