http://radionandika.com/2019/09/24/stai-syamsululum-gunung-puyuh-telah-buka-jenjang-magister-s-2/
Sukabumi – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul’Ulum Gunung Puyuh Sukabumi, Yang dibina oleh Yayasan Pendidikan Islam (Yaspi) Pontren Syamsul’Ulum, Merupakan Perwujudan salah satu cita-cita KH.Ahmad Sanusi (Alm) sebagai Pendiri dan Pengasuh Ponpes Syamsul’Ulum Gunung Puyuh Sukabumi, yang berasaskan Pendidikan, Perjuangan dan Dakwah,dengan Motto Berilmu Amaliah- Beramal Ilmiyah. STAI Syamsul’Ulum beralamat Jl. Bhayangkara No.33 Sukabumi
Sepeninggalan dari Prof. Dr. K. H. Deddy Ismatullah Mahdi, SH. M. Hum.  Ketua STAI saat ini  diamanahkan kepada Dr. H. Syafruddin Amir ,MM berdasarkan Keputusan Rapat Senat yang di SK kan oleh Yayasan Pondok Pesantren Syamsul Ulum. Dan untuk saat ini dibantu oleh UIN bandung dengan Prof.Dr.H.Moh.Najib, M.Ag dan Dr.H.Juhaya S. Praja, MA yang akan selalu membina didalam pengembangan S.2 kedepan. Sehingga Beliau sangat konsen dan bertanggung jawab untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan yang dilengkapi sarana prasarana inprastruktur yang menjadi tuntutan sesuai dengan perkembangan zaman. Dan didukung oleh para pembantunya, tenaga  kependidikan serta Civitas Akademika yang solid dalam memajukan Syamsul’Ulum melalui langkah pendalaman ilmu, mengembangkan ilmu dan mengimplementasikan ilmu di tengah-tengah masyarakat.

STAI Syamsul’Ulum Gunung Puyuh Sukabumi tahun Akademik 2019-2020, dengan program Pascasarjana yang memiliki dua Program Studi :
Hukum Keluarga Islam (HKI) Keputusan Menteri Agama RI No.319 Tahun 2019, Lulusan diberi gelar akademik Magister Hukum (M.H.)
Pendidikan Agama Islam (PAI) Keputusan Menteri Agama RI No.320 Tahun 2019, Lulusan diberi gelar akademik Magister Pendidikan (M.P.d.)
Ketua STAI Syamsul’Ulum Gunung Puyuh Sukabumi Dr. H. Syafruddin Amir ,MM  mengatakan “Alhamduliah pada Tahun 2019 ini telah dibuka Jenjang Magister (S.2) Sesuai dengan cita-cita dan amanat dari Prof. Dr. K. H. Deddy Ismatullah Mahdi, SH. M. Hum.   (Alm). Untuk Sarana dan Prasarana telah dipersiapkan sehingga sudah terwujud empat kelas, Laboratorium serta Perpustakaan sedang dipersiapkan sehingga Jenjang Magister (S.2) lengkap memiliki perpustakaan, Laporlabe dan semua aspek yang berhubungan dengan pendidikan Jenjang Magister (S.2)
Syafruddin Amir berharap “mudah-mudahan para peminat S.2, baik yang jurusan Tarbiyah maupun Syariah akan tetap tertarik dengan Syamsul’Ulum sehingga nanti mereka akan dicetak sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedepan” Saat di wawancara oleh wartawan radio Nandika, Senin (23/9)

By Admin

I'm Jasmansyah, a lecturer at Institute of KH. Ahmad Sanusi Sukabumi & Nusa Putra University