Dalam rangka peningkatan kompetensi lulusan Pascasarjana STAI Syamsul Ulum telah diselenggarakan pelatihan dan tes TOEFL (Bahasa Inggris) dan TOAFL (Bahasa Arab), Sabtu – Minggu, 2 – 3 Juli 2023.

Pelaksanaan pelatihan dan tes TOEFL dan TOAFL diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Pascasarjana STAI Syamsul Ulum Gunungpuyuh Sukabumi.

Ketua panitia pelaksana, Dr. Jasmansyah, M. Pd melaporkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan tes kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris merupakan program akademik kampus dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Pascasarjana STAI Syamsul Ulum. Selain itu, hasil tes TOEFL dan TOAFL akan dijadikan salah satu syarat untuk mengikuti ujina akhir atau sidang tesis bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan studi. Kata Jasmansyah yang juga sebagai Wakil Direktur Pascasarjana STAI Syamsul Ulum Sukabumi.

Sementara itu, ketua STAI Syamsul Ulum Dr. H. A. Suganda, M.Pd mengatakan pentingnya penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris menghadapi kebutuhan dunia dan kebutuhan masyarakat saat ini dan pada masa yang akan datang. Secara khusus beliau menyebutkan bahwa bahasa Arab adalah bahasa al-Quran, apabila ingin memahami isi kandungan al-Quran, maka kemampuan dalam bidang bahasa Arab adalah salah satu kuncinya.

“Untuk memahami kandungan isi al-Quran yang merupakan sumber utama dari ajaran-ajaran Islam, seluruh mahasiswa harus menguasai Bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bahasa al-Quran. Para ulama menulis kitab dalam bahasa Arab, sehingga kemampuan dalam bidang bahasa Arab sangat perlu bagi seluruh mahasiswa”, kata A. Suganda dalam kata sambutannya.

Beliau menambahkan bahwa selain bahasa Arab, mahasiswa juga harus bisa bahasa Inggris. “Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangat diperlukan untuk dapat menggali informasi dan pengetahuan dari para ahli dan dari berbagai disiplin ilmu. Para ilmuwan banyak menulis ide, gagasan dan hasil penelitiannya dalam bahasa Inggris”, pungkasnya.

Wadir bidang Akademik, Dr. H. Aab Abdullah, S.IP., M.Ag dalam arahan dan motivasinya kepada seluruh mahasiswa berperan agar dalam mengikuti diklat dan tes diikuti dengan sungguh-sungguh dan percaya diri. “Ikhtiarkan secara maksimal, baru tawakkal kepada Allah SWT” kata KH. Aab (panggilan akrab beliau) dengan penuh semangat.

By Admin

I'm Jasmansyah, a lecturer at Institute of KH. Ahmad Sanusi Sukabumi & Nusa Putra University