Ketua STAI Syamsul Ulum Membuka SUPT Gel. 1 Pascasarjana

Ketua STAI Syamsul Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi Dr. H. A. Suganda, M.Ag. resmi membuka kegiatan seminar usulan penelitian tesis (SUPT) pada hari Sabtu, 19 Februari 2022. Kegiatan seminar penelitian tesis (SUPT) ini Merupakan salah satu rangkaian kegiatan akademik yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa program pascasarjana yakni dengan mempresentasikan usulan penelitian yang telah dibuat sebelumnya oleh mahasiswa dalam bentuk proposal tesis.

Dalam kesempatannya memberikan sambutan kepada mahasiswa, Ketua STAI Syamsul Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi Dr. H. A. Suganda, M.Ag. mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk bersyukur kepada Allah SWT. karena telah sampai pada tahapan Seminar Usulan Penelitian Tesis (SUPT) dan mendo’akan mahasiswa agar pada tahapan selanjutnya dapat berjalan mulus dan lancar, “Mahasiswa harus bersyukur telah mencapai tahapan ini, semua orang akan melalui ujian untuk mencapai level terbaik, dan saya berharap tahapan selanjutnya berjalan mulus dan lancar” tutur Ketua STAISU. “Siswa akan diuji tentang rencana penelitiannya maka Tunjukkan kelebihan usulan penelitian anda”. Lanjut Ketua menegaskan.

Selain itu, ketua STAI Syamsul Ulum juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa peserta SUPT agar dalam penyusunan Tesis merujuk pada buku panduan penyusunan tesis yang telah disusun oleh Pascasarjana STAI Syamsul Ulum, “Saya menghimbau kepada seluruh mahasiswa agar menguasai buku panduan tesis, karena dengan menguasai buku panduan tesis artinya mahasiswa telah menguasai 50% teknik penelitian”.

Pada kegiatan pembukaan seminar usulan penelitian tesis ini dihadiri juga oleh Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag. selaku Direktur Pascasarjana (secara online) dan juga para pimpinan program pascasarjana STAI Samsul Ulum Gunung Puyuh Sukabumi. Pada kesempatannya memberikan sambutan kepada peserta SUPT, Prof Najib (sapaan akrab beliau) menyampaikan bahwa proposal yang paling bagus adalah proposal yang bisa mendeskripsikan masalah penelitian, yakni masalah penelitian yang sesuai dengan kompetensi keilmuan pada program studi yang diambil oleh mahasiswa, “Proposal tesis harus didasarkan pada prosedur ilmiah, Kegiatan SUPT adalah upaya membahas dan mencari titik temu apakah penelitian itu sesuai dengan prosedur ilmiah, jangan sampai objek penelitian tidak memiliki urgensi dan signifikansi terhadap pengembangan keilmuan program studi. Masalah penelitian yang baik adalah masalah yang jelas, sederhana dan tidak diada-adakan, fokus dan tidak bias”. Pungkas Prof. Najib. Di akhir sambutan Direktur pascasarjana memberikan ucapan selamat kepada para peserta SUPT, “Selamat berseminar, selamat melaksanakan Penelitian Tesis”.

Setelah pelaksanaan pembukaan, pada hari yang sama kegiatan seminar usulan penelitian tesis pada program pascasarjana STAI Syamsul Ulum Sukabumi langsung dilaksanakan dari mulai pukul 13.00 sampai selesai yang diikuti oleh 26 Mahasiswa Pascasarajana dengan diuji langsung oleh para Doktor STAI Syamsul Ulum yang ahli dalam bidangnya.