Sabtu, 01 Juni 2024, Pascasarjana Institut KH. Ahmad Sanusi (INKHAS) Sukabumi menyelenggarakan ujian komprehensif bagi para mahasiswa Program Pascasarjana, bertempat di Kampus INKHAS Sukabumi, Jl. Bhayangkara 33 Kota Sukabumi. Kegiatan Akademik Wajib tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas lulusan Pascasarjana INKHAS Sukabumi, sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja. Ketua panitia Ujina Komprehensif tahun akademik 2023/2024, Dr. Jasmansyah, M.Pd, menjelaskan bahwa ujian komprehensif ini bertujuan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam berbagai aspek penting, termasuk bidang keislaman, kompetensi keilmuan program studi, kebahasaan, kemampuan berpikir secara interdisipliner dan kompetensi bidang Metodologi Penelitian.

“Tujuan utama dari ujian komprehensif adalah untuk menilai sejauh mana mahasiswa telah menguasai materi yang diberikan dalam program studi mereka, serta mempersiapkan mereka secara matang sebagai syarat mengikuti ujian tesis,” ungkap Dr. Jasmansyah.

Materi ujian komprehensif meliputi: Tafsir dan Hadits Ahkam, Ushul Fiqh, dan Qawaidul Fiqhiyyah, Filsafat Hukum, Teori-teori Hukum, dan Metodologi Penelitian Hukum. Sedangkan untuk prodi PAI terdiri dari: Tafsir dan Hadits Tarbawi, Filsafat Pendidikan Islam, Ilmu Pendidikan Islam, Pedagogi Pendidikan Islam dan Metodologi Penelitian Islam. Ujian kali ini diikuti oleh 30 peserta dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 14 peserta dari program studi Hukum Keluarga Islam (HKI), dengan total 44 peserta.

Rektor INKHAS Sukabumi menegaskan pentingnya menjaga standar kualitas dalam pelayanan akademik. “Dalam lingkungan akademik, menjaga kualitas adalah suatu keniscayaan. Pascasarjana INKHAS Sukabumi secara bertahap berupaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa untuk mencapai target lulusan yang diinginkan,” kata Rektor.

Pelaksanaan ujian komprehensif ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah evaluasi, tetapi juga sebagai bagian dari upaya Pascasarjana INKHAS Sukabumi dalam menjaga kualitas pelayanan akademik. Dengan menggelar ujian komprehensif secara berkala, diharapkan Pascasarjana INKHAS Sukabumi dapat terus meningkatkan mutu dan kualitas lulusan mereka, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Senada dengan Rektor, Direktur Pascasarjana INKHAS Sukabumi, Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag mengapresiasi pelaksanaan Ujian Komprehensif dan meminta agar kualitas lulusan harus menjadi prioritas utama selain pelayanan prima kepada seluruh mahasiswa. “Pascasarjana berkomitmen untuk terus meingkatkan kualitas lulusan dengan beberapa kewajiba akademik yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, salah satunya adalah ujian kompre” Imbuhnya. Ia menambahkan, ke depan Pascasarjana berinisiatif untuk mensyaratkan kepada seluruh mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah dan mengikuti konferensi internasional” pungkasnya.

Kegiatan ujian komprehensif ini berlangsung di Kampus Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi dan menjadi momen penting dalam perjalanan akademik mahasiswa, sekaligus langkah strategis dalam memperkuat reputasi lembaga dalam dunia pendidikan.

By Admin

I'm Jasmansyah, a lecturer at Institute of KH. Ahmad Sanusi Sukabumi & Nusa Putra University