Sukabumi, 4 – 5 Mei 2024 – Di tengah udara sejuk Villa Pebi Ujung Genteng Sukabumi, suara sibuk rapat memenuhi ruangan. Institut KH. Ahmad Sanusi (INKHAS) Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang mengupas tuntas perubahan Statuta, Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Strategis (Renstra), dan Rencana Operasional (Renop). Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan institut, menjadi panggung penting bagi langkah-langkah strategis lembaga.

Menyelaraskan Visi dan Misi:

Tujuan Rakor ini terangkum dalam upaya menyelaraskan visi dan misi institut, serta merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas dan kinerja lembaga. Perubahan Statuta menjadi poin sentral, dianggap sebagai fondasi penting bagi keberlanjutan dan daya saing INKHAS baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pembaruan dan Pengembangan Lembaga:

Pembahasan RIP, Renstra, dan Renop memberikan manfaat dalam pembaruan dan pengembangan lembaga. Melalui langkah-langkah konkret ini, institut dapat melangkah menuju tujuan strategisnya dengan lebih terarah. Selain itu, Rakor juga menjadi wadah meningkatkan kesadaran akan partisipasi seluruh pimpinan dalam mengimplementasikan perubahan yang diinginkan.

Transformasi Komprehensif:

Dr. Ahmad Suganda, M.Ag, Rektor INKHAS, menegaskan bahwa perubahan menjadi INKHAS bukan semata perubahan nama, melainkan transformasi komprehensif dalam berbagai aspek, termasuk penguatan lembaga, administrasi, SDM, pelayanan, dan sarana. Menurutnya, perubahan ini tak hanya menyangkut struktur formal, tetapi juga perubahan mindset dosen dan staf, yang harus lebih berperan dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Komitmen Membangun Bersama:

Ketua Panitia, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag, dalam laporannya menekankan tujuan Rakor untuk menyamakan persepsi dan mengarahkan cita-cita lembaga melalui RIP, Renstra, dan Renop sebagai panduan di masa yang akan datang. Sementara itu, Dr. Jasmansyah, M.Pd, Wadir Pascasarjana, menyampaikan harapannya bahwa hasil Rakor ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan INKHAS. Kolaborasi antara pimpinan dan anggota institut diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas dan reputasi INKHAS sebagai lembaga pendidikan yang berdaya saing.

Menuju Perubahan Berkelanjutan:

Dengan demikian, Rakor INKHAS Sukabumi bukan sekadar acara rutin, melainkan momentum penting dalam perjalanan INKHAS menuju transformasi yang komprehensif dan berkelanjutan. Langkah-langkah strategis yang dihasilkan dari Rakor ini diharapkan mampu membawa INKHAS menghadapi tantangan masa depan dengan lebih mantap.

By Admin

I'm Jasmansyah, a lecturer at Institute of KH. Ahmad Sanusi Sukabumi & Nusa Putra University